Sabtu, 10 September 2011

Memperpanjang usia printer

1. Bersihkan bagian dalam printer
Setidaknya sekali dalam sebulan, bersihkan bagian dalam printer anda dengan menggunakan vacuum cleaner agar debu tidak menempel di bagian mesin.
2. Hindari menggunakan kertas yang terlipat atau sobek sebagian
Menggunakan kertas yang rusak dapat mengakibatkan paper jam. Boleh menggunakan kertas bekas asal tidak ada bagian yang terlipat atau sobek.
3. Gunakan kertas dengan berat yang ditentukan
Cek panduan manual printer untuk mengetahui berapa berat minimum kertas yang dapat digunakan pada printer. Jika anda sering menggunakan kertas di bawah spesifikasi kertas maka pihak vendor tidak akan menjamin garansi hingga anda menggunakan kertas yang sesuai.
4. Jangan mengibas-ibaskan kertas
Ada pendapat yang keliru yaitu sebelum kertas dimasukkan ke paper tray (tempat kertas), kertas harus dikibas-kibaskan terlebih dahulu. Hal ini tidak perlu dilakukan karena dapat menyebabkan aliran listrik statis antar lembaran kertas yang dapat mengakibatkan paper jam. Kecuali, anda tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi, anda tidak perlu khawatir lembaran kertas akan saling menempel satu sama lain.
5. Simpan kertas di tempat kering
Suhu yang lembab dapat membuat kertas menempel satu sama lain yang berujung paper jam pada printer.
6. Pilih kertas label yang berkualitas
Bagi anda yang sering mencetak menggunakan kertas label, jangan remehkan kualitas kertas label. Pilih kertas label berkualitas bagus agar kertas tidak lepas dan melekat di bagian fuser atau penggulung kertas.
7. Tutup paper tray jika tidak digunakan
8. Ganti penggulung kertas yang telah lama digunakan
Penggulung kertas yang telah lama digunakan dapat menjadi penyebab paper jam. Permukaan penggulung kertas yang bertambah licin membuat kertas mudah terselip di penggulung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kumpulan ilmu komputer