Selasa, 23 Oktober 2012

TIPS MENGHADAPI UTS

 met pagi semua... berhubung sekarang dikampus ada UTS (Ujian Tengah Semester) Mas Peewee mau berbagi tips ni tentang tips menghadapi UTS... berikut adalah tipsnya
1. Belajar


1334302476328124971
Yang namanya mau ujian ya harus belajar. Bahkan ada salah satu motivator yang bilang kalau ujian tanpa persiapan(belajar) sama saja dengan bunuh diri. Jangan dibiasakan belajar sehari sebelum UTS, usahakan belajar rutin setiap hari. Kalau sudah terlanjur belum belajar rutin tiap hari, buat ringkasan yang berisi poin-poin pada mata kuliah yang sedang kamu pelajari.
2. Perbanyak Latihan Soal
Seperti kata pepatah “Learning by Doing” maka gak usah mikir lagi deh, perbanyak latihan soal, karena ini akan sangat membantu kamu mengetahui tipe-tipe soal dan solusi yang harus kamu berikan. Jangan lupa cari pinjeman soal-soal tahun lalu, karena biasanya soal gak jauh beda dengan tahun lalu bahkan bisa juga sama persis.
3. Pahami Karakteristik Dosen


1334302533372033626
Nah, memahami karakteristik dosen juga penting guys. Ini sama aja dengan menyiapkan strategi untuk mendapatkan nilai maksimal. Kenapa? Karena di kalangan mahasiswa, nilai itu ada di tangan dosen jadi usahakan menjawab UTS sesuai dengan keinginan dosen. Misalnya dosen Matematika mu suka tulisan rapi dan cara cepat, sedangkan dosen mekanika lebih suka uraian panjang rumus-rumus dan anti pada rumus cepat ala bimbel. Jadi pas ngerjain UTS Matematika tulisanmu bagus-bagusin, kalau bisa jangan sampai ada yang di tipe-ex. Trus jawaban jangan bertele-tele. Sedangkan pas ngerjain UTS mekanika panjang-panjangin deh jawaban kamu, kalau bisa satu nomer satu halaman folio biar dosennya seneng guys. Kalau kamu susah memahami karakter dosenmu, mencari sumber dari senior sangat dianjurkan.
4. Siapin amunisi


13343025901743351062
Maksudnya amunisi disini bukan senapan, sniper, granat atau benda-benda semacamnya loh. Tapi agar maksimal menghadapi UTS kita harus nyiapin segala perkakas yang menunjang ujian kita ini, seperti bolpoin, pensil, tipe-ex, kalkulator, penghapus, KTM (sebagai syarat masuk) atau apapun deh yang bikin kamu nyaman buat ngerjain soal-soal nantinya.
5. Berdoa


13343027491168469774
Menghadapi UTS atau ujian apapun itu gak cukup cuma belajar aja, tapi kita dituntut untuk berdoa supaya segala ikhtiar kita bisa lebih afdhol dan hasil yang diperoleh bisa maksimal. Oleh karena itu usahakan berdoa sebelum, sesudah dan saat UTS berlangsung.
6. Minta Doa ke Semua
Selain berdoa sendiri, alangkah baiknya jika kita saling mendoakan sesama teman. Bukankah doa orang banyak lebih berpotensi untuk dikabulkan? Nah, makanya minta deh kesemua orang yang kamu temui buat doain kesuksesan UTS kamu. Mulai orang-orang terdekat seperti nyak,babe,adek,kakak,pacar,temen, sampai yang gak kamu kenal di fesbuk, twitter, bbm, dll. Kalo perlu bikin status yang isinya minta doa demi kelancaran UTSmu.
7. Sedekah
Banyak yang bilang sedekah itu bisa bikin kaya, bisa bikin sembuh dari penyakit, yah pokoknya sedekah itu bisa bikin keajaiban deh. Nah siapa tau dengan bersedekah, kamu diberi kemudahan sama Tuhan. FYI, sedekah gak harus uang guys, kalo lagi bokek kamu masih bisa bersedekah kok. Dengan senyum ke semua orang atau nolongin OB bersih-bersih kelas itu udah sedekah.
8. Pasrah
Setelah semua usaha sudah kamu lakuin, sebelum sesudah dan saat UTS. Berdoa dan minta doa juga sudah kamu lakuin, sekarang saatnya pasrah, menyerahkan semuanya kepada Tuhan YME karena hanya DIAlah yang tahu mana yang baik untuk kita. Manusia hanya bisa berencana, Tuhanlah yang menentukan.
Tapi ingat ya guys, jangan budayakan nyontek ngrepek atau apalah itu. Percuma kalau kamu ngelakuin tips dari nomer 1 sampe 8 kalo ujung-ujungnya nyontek juga. Trus apa gak malu udah berdoa dan minta bantuan sama Tuhan, tapi tetep gak percaya dan malah nyontek temen sebelah. Selain itu, kalian mahasiswa yang sering mengkritisi masalah korupsi orang-orang atas kan? Jadi apa bedanya kalian dengan mereka ? UTS aja korupsi apalagi entar kalo udah jadi pejabat. Indonesia sudah penuh dengan spesies seperti itu guys, jadi kalau mau jadi spesies langka jadilah orang jujur. Ayo budayakan jujur dari sekarang dan dari hal yang terkecil. Selamat UTS, Good Luck :) (vun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kumpulan ilmu komputer